Agar Tidak Di Denda 24 Juta, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Modifikasi Motor Yamaha

Ketentuan mengenai modifikasi motor yamaha yang diperbolehkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketentuan modifikasi pada motor lain. Mengingat sumber hukum pelaksanaan lalu linta di tanah air adalah seragam. Sebagaimana andagium hukum, equality before the low, semua sama di hadapan hukum. Untuk sumber hukum tertulis lalu lintas adalah Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum beserta aturan pelaksanaanya.

Maka bila mencermati undang-undang dan peraturan pelaksanaanya tersebut. Modifikasi motor yamaha diperbolehkan sepanjang pada bagian tertentu saja. juga apda beberapa bagian tertentu, modifikasi dilarang. Jika anda melanggarnya anda bisa kena denda hingga 24 juta rupiah.

Modifikasi Motor Yamaha Yang diperbolehkan

Nah jika anda akan modifikasi motor merek yamaha, patuhi beberapa aturan mendasar berikut ini:

  1. Pertama; Modifikasi dimensi hanya bisa dilakukan sepanjang pada bagian perpanjangan atau pemendekan landasan atau yang umum disebut ( Chasis ). Sementara untuk bagian yang dapat mengubah jarak sumbu dan konstruksi kendaraan di larang. Artinya, anda hanya bisa memodifikasi motor merek yamaha anda pada bagian panjang penedeknya saja. bukan pada lebarnya. Bahkan penggunaan box atau stang yang terlelu panjang di larang. Jika anda ingin modifikasi lebar jangan melebihi stang aslinya.
  2. Kedua; modifikasi motor diperbolehkan sepanjang tidak mengubah warna dasar kendaraan bermotor anda. Sebab warna dasar adalah identitas motor kamu, jadi kalau kamu ubah berarti kamu mengubah identitas yang tertera pada STNK motor kamu. Jadi boleh kamu ubah dengan syarat kamu juga mengubah STNK motor kamu. ribet ya?
  3. Ketiga; modifikasi diperbolehkan selama tidak mengubah atau mengganti mesin motor dengan mesin yang bermerek dan bertiope berbeda. Jadi sepanjang kamu mengubah mesin dengan merek dan tipe yang sama masih diperbolehkan. Misalnya kamu mengubanya dengan mesin keluaran baru.

Beberapa ketentuan di atas, tidak akan berlaku jika kamu melakukan modifikasi motor yamaha untuk keperluan kontes. Atau motor yamaha yang ingin kamu modifikasi bukanlah alat transportasi melainkan adalah hiasan di rumah kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *