Kenali Apa Itu Komunikasi Bisnis untuk Menunjang Bisnis Anda


Dalam dunia bisnis dikenal sebuah istilah yaitu komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis merupakan suatu kemampuan untuk menyampaikan informasi mengenai usahanya secara efektif. Dengan begitu, informasi dapat disampaikan dengan mudah tanpa menimbulkan kesalahpahaman, sehingga informasi yang dipahami oleh lawan bicara dapat sesuai dengan maksud yang diharapkan oleh komunikator.

Dalam prakteknya, komunikasi bisnis memiliki dua bentuk yaitu komunikasi bisnis non-verbal dan komunikasi bisnis verbal. Setiap bentuk tersebut pada hakikatnya tidak saling berdiri sendiri, akan tetapi saling mendukung antara satu dengan lainnya. Dengan mengkombinasikan antara kedua bentuk komunikasi tersebut, komunikasi bisnis yang terjalin antara anda sebagai komunikator dengan lawan bicara dapat semakin efektif dan efisien.

Komunikasi bisnis non-verbal adalah komunikasi dalam bisnis yang berlangsung antara dua pihak atau lebih. Komunikasi bisnis non-verbal dilakukan dengan cara bertatap muka sehingga baik komunikator ataupun lawan bicaranya dapat saling memperhatikan gestur, mimik wajah, dan hal-hal lainnya secara langsung dan lebih mendetail.

Selain itu, ada pula komunikasi bisnis verbal yang merupakan bentuk komunikasi bisnis yang tidak dilakukan secara langsung. Komunikasi bisnis semacam ini biasanya dilakukan karena adanya keterbatasan jarak atau hal lainnya yang menyebabkan komunikasi secara langsung sulit dilakukan. Pada umumnya, komunikasi bisnis verbal dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau perantara seperti surat, telepon, media, dan sebagainya.

Komunikasi bisnis dilakukan untuk menunjang kelancaran bisnis perusahaan dengan memanfaatkan empat fungsi pentingnya. Pertama, sebagai fungsi integratif untuk menciptakan atmosfer kerja yang positif sehingga aktivitas bisnis dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Fungsi persuasif yang bertujuan untuk mempengaruhi dan mengubah pola pikir, kepercayaan, dan sikap agar sesuai dengan maksud perusahaan. Kemudian, fungsi informatif kepada pihak eksternal perusahaan agar dapat mendukung keberlangsungan perusahaan. Dan sebagai fungsi regulatori yang berkaitan dengan pengendalian dan pengaturan perusahaan.

Melihat kepada fungsi komunikasi bisnis, maka hampir setiap perusahaan perlu menerapkan komunikasi bisnis yang efektif agar dapat membantu meraih tujuan perusahaan. Termasuk dalam bisnis yang berbasis online seperti KUDO. Bahkan, jika anda berniat memulai bisnis dengan modal minimal dengan menjadi agen di KUDO, kemampuan dalam komunikasi bisnis akan sangat membantu anda untuk meningkatkan pendapatan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *