5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kulit Kering

Tanpa sadar kita seringkali melakukan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah. Mulai dari kebiasaan yang sengaja kita lakukan hingga kebiasaan yang tidak bisa dihindari karena masalah pekerjaan. Menghindari kebiasaan buruk tersebut adalah salah satu cara melembabkan kulit wajah yang terbilang ampuh. Berikut ini 5 kebiasaan buruk tersebut.

  1. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Kulit wajah yang terpapar sinar matahari terlalu berlebihan dapat membahayakan kesehatan kulit. Apalagi radiasi sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit wajah Anda seperti kulit kering, kulit usam, bintik hitam maupun kulit keriput yang menjadi tahap awal penuaan dini pada kulit.

  1. Merokok

Mungkin sebagian besar wanita tidak melakukan kebiasaan ini. Jadi, bagi beberapa wanita yang mengonsumsi rokok sebaiknya mulai mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan buruk ini. Rokok dapat membentuk sebuah enzim yang mampu merusak kolagen pada kulit. Akibatnya muncul noda hitam dan garis-garis hitam pada kulit.

  1. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Jumlah air yang dibutuhkan tubuh sebesar 8 gelas per harinnya. Tubuh yang memiliki kandungan air yang cukup akan terjaga kelembaban dan elastisitasnya. Selain itu, wajah Anda akan terlihat lebih segar dan cerah meski di tengah aktivitas yang padat. Hal ini berlaku sebaliknya jika Anda tidak mampu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

  1. Begadang

Sebagian besar wanita sering begadang dengan alasan pekerjaan, menyusun skripsi ataupun menonton beberapa film yang disukai. Padahal saat sedang tidur seseorang akan mengalami proses peremajaan kulit yang dikenal dengan regenerasi sel. Jika Anda melewatkan waktu tidur tentu dapat menghambat berlangsungnya proses tersebut.

  1. Mencuci Wajah dengan Sembarang Sabun

Seringkali para wanita menggunakan sabun mandi biasa saat membasuh wajah. Faktanya kulit wajah lebih tipis daripada kulit lainnya sehingga akan berbahaya jika mengunakan sembarangan sabun. Kesalahan dalam memilih sabun dapat membuat kulit kering, kusam dan bertambah keriput.

Alangkah baiknya kita mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Apalagi bagi Anda yang ingin berhasil dalam melakukan perawatan wajah kusam. Tidak hanya merawat kulit secara intensif, kita juga perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kerusakan pada kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *