Pura Agung Jagatnatha, Wisata Religi di Bali Utara Yang Mengesankan


Bali sebagai daerah yang memiliki mayoritas masyarakat beragama Hindu, maka tidak heran jika di kota ini mempunyai pura yang begitu banyak. Hampir di setiap di kotanya, terdapat pura – pura cantik yang selain dijadikan tempat ibadah, juga dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satu pura indah dan terbesar di Bali yang menjadi tempat wisata adalah Pura Agung Jagatnatha. Pura yang terletak di Singaraja, Bali Utara ini menjadi salah satu ikon wisata dari Bali Utara. Tidak heran jika keberadaan pura ini menjadi salah satu daya tarik dari paket liburan ke Bali Utara yang ditawarkan oleh agen travel. Selain Pura Agung Jagatnatha, Bali Utara pun masih menyimpan beragam tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Maka jangan ragu untuk memilih paket liburan ke Bali Utara, ya!

(Sumber Foto: https://www.piknikman.com/wp-content/uploads/2018/12/Pura-Agung-Jagatnatha.jpg)

Pura Agung Jagatnatha ini berada di Jalan Mayor Wisnu yang mana lokasi ini merupakan lokasi yang sangat strategis, yaitu tepat di sebelah timur ada Lapangan Puputan Badung dan bersebelahan dengan Museum Bali. Pura ini pun menghadap ke arah barat ke Gunung Agung. Posisi ini dianggap sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan kepada para dewa. Gunung Agung bagi masyarakat Bali dianggap sebagai istana dari para dewa yang mereka percayai. Pura Agung Jagatnatha dibangun sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

(Sumber Foto: https://wisatabali2010.files.wordpress.com/2013/04/pura_jagatnatha4.jpg)

Bentuk dari Pura Agung Jagatnatha ini begitu kental dengan unsur seni dan keagamaan. Dua hal yang memang sangat dekat dengan Pulau Bali. Berdasarkan dari bentuk bangunannya, Pura Agung Jagatnatha dipenuhi oleh ornament – ornament religious dan penuh dengan nuansa etnik. Di tengah pura terdapat Padmasana dengan tinggi sekitar 15 meter. Padmasana adalah sebuah tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu. Padmasana ini dibuat sebagai singgasana para dewa. Padmasana yang ada di Pura Agung Jagatnatha terbuat dari batau karang putih dan pada bagian menara terdapat ukiran wajah dan tangan Bhoma (anak bumi). Bagi umuat Hindu ukiran ini dipercaya bisa untuk mengusir roh – roh jahat agar tidak menganggu kesakralan pura. Semua wisatawan bisa datang ke Pura Agung Jagatnatha ini meskipun tidak beragama Hindu. 

(Sumber Foto: http://imgcdn.rri.co.id/thumbs/berita_291915_800x600_Melasti_Piodalan_2016_(11).jpg)

Pura Agung Jagatnatha sebagai pura terbesar di Kota Denpansar memang menarik perhatian dan minat tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan yang datang ke sana, selain menikmati liburan mereka juga mendapatkan pemahaman baru tentang tata cara beribadah dan sejarah dari agama Hindu. Tidak hanya itu, pengetahuan wisatawan tentang kebudayaan dan adat istiadat yang melekat di Bali pun menjadi bertambah. Hal ini juga memperkuat Bali sebagai provinsi yang meski memiliki mayoritas beragama Hindu tetapi tetap menjunjung tinggi toleransi. Jadi, jangan ragu untuk memilih paket liburan ke Bali Utara untuk melihat sisi lain dari Pulau Bali. Jika pada Bali bagian selatan dimanjakan dengan keindahan pantai, maka di Bali Utara ini wisatawan akan dilihatkan dengan keberagaman agama yang ada dan juga melihat betapa masyarakat Bali masih menjaga adat dan tradisinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *