Merencanakan kehamilan dari Kalkulator Masa Subur

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Mudah, Pakai Kalender!


Pasangan yang baru saja menikah ada beberapa diantara mereka yang menunda kehamilan dan ada juga yang let it flow mengikuti jalan yang diberikan dengan usaha yang keras untuk tidak menunda kehamilan. Bagi yang ingin mempercepat kehamilan tanpa menunda maka anda bisa terus mengecek secara tepat dan cepat masa subur anda menggunakan Kalkulator masa subur. Apa sih sebenarnya kalkulator masa subur itu? 

Sebelum membahas mengenai kalkulator masa subur ada beberapa hal yang perlu anda ketahui loh. Bunda setiap wanita memiliki masa subur wanita atau yang sering kita kenal dengan Ovulasi. Ovulasi merupakan masa masa dimana saat menstruasi terjadi maka sel telur atau Ovum wanita akan mulai berkembang dan tumbuh didalam rahim wanita. Disaat ovum sudah matang dan baik maka rahim akan melepas ovum tersebut. Nah ovum yang bisa bertemu dengan sperma terbaik akan mengasilkan sebuah embrio dan embrio akan berkembang menjadi sebuah janin. 

Hal inilah yang mungkin menjelaskan bahwa kemungkinan kehamilan akan terjadi dan keuntungan cepat mendapatkan buah hati pun terjadi juga. Asal bunda ketahui, Masa subur seorang wanita itu dibagi menjadi dua buah jenis dimana jenis pertama adalah pada masa subur puncak yang biasanya terjadi 13 hari setelah hari pertama menstrusi sedangkan untuk masa subur yang biasa terjadi tiga hari sebelum dan sesudah masa subur puncak. 

Dengan adanya dua jenis tersebut bunda dan ayah bisa bisa memperkirakan usaha diwaktu yang tepat untuk mendapatkan buah hati anda. beberapa wanita memang sering dikategorikan sebagai wanita subur dengan berbagai perkiraan atau perhitungan sebelumnya. Biasanya ada wanita yang kedapatan menstruasi sebulan terjadi dua kali. 

Hal ini pun diperkirakan wanita terlalu kelelahan atau mungkin masa menstruasinya terjadi sangat cepat sehingga anda pun butuh menghitung dengan tepat ya. Biasanya seorang wanita akan mengalami keidealan masa subur wanita yang akan berlangsung selama 12 sampai dengan 14 hari dari hari pertama menstruasi. Setelah itu muncul lagi masa subur wanita yang akan terjadi pada hari ke 10 sampai dengan 17 hari setelah berakhirnya menstruasi. 

Walaupun demikian anda harus tetap menghitung siklus menstruasi anda masing masing ya dikarenakan setiap wanita memiliki siklus yang berbeda. Nah saat ini karena perkembangan zaman yang luar biasa menghitung masa subur tidak harus menggunakan kertas dan bolpoin karena saat ini sudah terdapat kalkulator masa subur berupa online maupun berupa aplikasi. 

Dengan menggunakan kalkulator masa subur baik online maupun aplikasi anda bisa menghitung lebih akurat sendiri dan dengan begitu anda bisa memperkirakan rencana proses kehamilan anda. bagaimana sih perhitungan dari kalkulator masa subur?. 

Perhitungannya sangat mudah kok dimulai dari kapan hari terakhir mulai menstruasi dan hari menstruasi selama 4 sampai 8 bulan terakhir. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk mengetahui panjang dan pendeknya waktu menstruasi anda dengan begitu akan lebih mudah menentukan waktu kedepannya. 

Cara menghitung masa subur pada siklus menstruasi teratur dibahas sebagai berikut. Pertama adalah mengurangi hari pertama haid dengan 14 yang dimana disini anda akan mengetahui masa subur anda. seperti contoh berikut, ketika kamu mulai menstruasi pada tanggal 2 juli maka harus ditambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama anda haid, menjadi tanggal 30 juli. Setelah itu 30 tersebut dikurang 14 maka akan muncul waktu suburmu yaitu 16 Juli. Begitulah cara menghitung masa subur menggunakan kalkulator.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *