HILANGKAN JERAWAT DENGAN CUKA APEL

5 Manfaat Menakjubkan Cuka Apel untuk Kecantikan


Penyakit yang tak mematikan namun membuat jengkel sang pemilik, tak lain dan tak bukan adalah jerawat. Jerawat sejatinya adalah gangguan pada kulit yang disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih atau kotoran yang menempel pada kulit. Minyak atau kotoran ini membuat pori-pori tersumbat dan bakteri akan berkembang biak disana dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat seringkali muncul pada bagian tubuh yang mampu memproduksi minyak dalam jumlah banyak, seperti wajah, punggung dan dada. Namun tak menutup kemungkinan, jerawat juga akan timbul di area yang tak disangka, contohnya telinga. Kesal adalah reaksi yang wajar saat menemukan jerawat ada di bagian tubuh kita. Meski demikian, tak perlu terlalu lama menumpahkan kekesalan padanya. Anda hanya perlu fokus pada proses penyembuhan atau perawatan jerawat.

Dewasa ini, banyak sekali beredar cuka apel dalam berbagai merk dagang. Sebelum dibahas lebih lanjut, tahukah Anda apa itu cuka apel? Cuka apel adalah hasil dari proses fermentasi buah apel. Penambahan gula dalam potongan buah apel dapat menghasilkan cuka atau asam asetat. Cuka inilah yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai obat cara menghilangkan jerawat.

Anda bisa membuat cuka apel sendiri di rumah. Caranya mudah:

  1. Buah apel dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian dimasukkan ke dalam wadah toples,
  2. Ditambahkan air ke dalam toples hingga semua apel terendam,
  3. Ditambahkan seperempat gula pasir, lalu diaduk hingga merata,
  4. Campuran tersebut didiamkan selama 1 minggu atau lebih hingga dihasilkan larutan berwarna kecoklatan. Anda juga akan mendapati jamur pada tutup toples akibat kelembapan yang terjadi di toples. Oleh karena itu, saring larutan hingga terpisah dengan jamur,
  5. Penyimpanan cuka apel dilakukan lebih lama untuk mendapatkan hasil yang terbaik,
  6. Cuka apel siap digunakan.

Bila ingin praktis, Anda bisa membelinya di toko online maupun offline. Eits, tak disarankan Anda langsung mengaplikasikan cuka apel yang telah Anda miliki langsung ke wajah. Hal ini disebabkan kadar asam yang terlalu tinggi pada cuka apel murni dapat membakar wajah Anda sehingga menimbulkan kemerahan. Sehingga, Anda perlu menambahkan air dengan perbandingan yang pas sesuai tipe kulit Anda.

Bagi pemula ataupun pemilik wajah sensitif, lebih baik Anda mencoba membuat larutan cuka apel 1:4, dimana setiap 1 mL cuka apel murni ditambahkan 4 mL air. Tak perlu risau jika tak memiliki alat takar yang presisi, Anda bisa menakar menggunakan sendok makan sebagai gantinya. Dengan menggunakan cara yang sama, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 4 sendok makan air. Setelah itu, basahi kapas dengan larutan cuka apel dan usapkan pada wajah yang telah dibersihkan. Cukup dilakukan sehari sekali dan rutin setiap hari.

Jika sudah mulai terbiasa dengan bau dan juga tak ada efek samping lain setelah menggunakan larutan cuka tersebut, Anda bisa meningkatkan kadar larutan cuka apel secara bertahap. Dimulai dari perbandingan 1:3 dilanjutkan dengan 1:2 hingga 1:1. Perlu diingat, penambahan kadar bisa dilakukan jika tak ada reaksi yang tak wajar, seperti kemerahan, timbul jerawat baru, atau reaksi alergi lainnya.

Pemilik jenis kulit berminyak maupun kering juga perlu melakukan percobaan pembuatan larutan cuka apel 1:4 guna menghindari reaksi yang tak diinginkan. Berbahagialah bagi Anda yang memiliki jenis wajah normal, karena Anda bisa langsung mengaplikasikan larutan cuka apel 1:2.

Hal yang perlu selalu diingat, yaitu pengobatan jerawat menggunakan bahan alami, seperti cuka apel, membutuhkan waktu yang relatif lama. Sehingga diperlukan stok sabar sebanyak mungkin untuk menunggu hasil yang diidamkan, wajah tanpa jerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *