Berlian Asli Atau Tidak, Inilah Ciri-cirinya!

Berlian adalah salah satu perhiasan yang paling digemari wanita. Bentuknya yang indah dan kilaunya yang mempesona menunjukkan kemewahan bagi siapapun yang memakainya. Selain itu, berlian juga sering dianggap sebagai perwujudan rasa cinta dan kesetiaan. Sehingga tak jarang berlian tersemat dalam cincin pernikahan atau berbagai bentuk perhiasan sebagai hadiah bagi pasangan tercinta.

Penggemar berlian yang terus berkembang dan harganya yang terus naik membuat berlian menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Tidak hanya bagi wanita, pria pun mulai berlomba-lomba mengoleksi berlian dan mengenakannya sebagai perhiasan sekaligus investasi.

Namun dengan semakin banyaknya penjual berlian, bagaimana mengenali ciri-ciri berlian yang asli? Apabila anda membeli dari toko berlian dengan reputasi yang baik, tentunya bisa dijamin keasliannya. Namun apabila tidak, ada baiknya melakukan tes sederhana dengan beberapa cara berikut ini :

  • Tes keaslian dengan diamond loupe

Gunakan loupe untuk mengamati tepi berlian. Berlian asli biasanya memiliki tepi yang tajam, sementara ujung berlian palsu biasanya berbentuk bulat. Anda bisa gunakan loupe yang banyak beredar di pasaran, atau akan lebih baik lagi menggunakan diamond loupe yang memiliki kemampuan pembesaran hingga 10x lipat.

  • Fog test atau uji tes embun

Test sederhana ini bisa dilakukan dengan menggunakan uap panas atau hembusan nafas. Caranya sederhana : letakkan berlian tepat di depan mulut, lalu hembuskan nafas anda melalui mulut tepat ke berlian tersebut. Pada berlian yang asli, uap panas ataupun hembusan nafas tidak akan meninggalkan embun pada permukaan berlian.

  • Test goresan

Berlian yang asli tidak akan bisa tergores. Cobalah gosok permukaan berlian dengan amplas atau benda kasar lainnya. Apabila meninggalkan goresan, maka kemungkinan besar berlian tersebut adalah berlian palsu.

  • Cek pantulan bayangan

Pantulan yang dihasilkan oleh berlian asli didominasi oleh warna putih dan keabu-abuan. Arahkan pandangan anda secara lurus tepat dari atas berlian, lalu lihat pantulan yang dihasilkan. Apabila terlihat pantulan warna pelangi, maka kemungkinan besar berlian tersebut adalah berlian palsu atau berlian dengan kualitas rendah.

  • Cek refractivity

Refrativity atau pembiasan yang dihasilkan oleh berlian bersifat sangat kuat dan terang. Keunikan ini tidak bisa ditiru oleh bebatuan jenis lainnya, meskipun pemotongan bebatuan tersebut dilakukan dengan sangat ahli dan mirip dengan cutting berlian terbaik sekalipun.

Cara paling mudah untuk melakukan test ini adalah dengan meletakkan berlian di atas koran, majalah, atau tulisan apapun. Berlian akan membelokkan cahaya dengan sangat tajam, sehingga tulisan tidak akan bisa terlihat.

  • Tenggelamkan berlian

Coba masukkan berlian ke dalam gelas yang berisi air. Berlian yang asli memiliki tingkat kerapatan yang sangat tinggi, sehingga akan langsung tenggelam begitu dimasukkan ke dalam air. Berlian palsu akan melayang di tengah gelas, atau bahkan mengapung di permukaan.

  • Panaskan berlian

Panaskan berlian dengan korek api lalu masukkan ke dalam gelas berisi air dingin. Berbeda dengan berlian asli, berlian palsu yang terbuat dari kuarsa, kaca, atau jenis lainnya tidak akan cukup kuat mengatasi perbedaan ekstrim ini sehingga ia akan pecah atau retak.

Kalaupun anda memilih untuk membeli berlian bersertifikasi di toko berlian, jangan lupa untuk mengecek beberapa hal berikut :

  • Pastikan sertifikat berasal dari otoritas penilaian seperti LGP, GIA, PGGL, dan ASGL, atau dari penilai indepent yang tidak terkait dengan toko tersebut
  • Sertifikat dilengkapi dengan berat karat, pengukuran, proporsi, tingkat keterangan, tingkat warna, dan tingkat potongan
  • Sertifikat juga mencantumkan kependaran, kemulusan, serta simetri  dari berlian tersebut

Berlian bukan barang yang murah. Dengan membeli berlian sebagai investasi, tentunya anda tidak ingin mengalami kerugian karena berlian yang anda beli ternyata palsu. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu dalam menjaga dan meningkatkan investasi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *