Bagaimana Seorang Anak Tumbuh dan Berkembang Antara Usia 2 dan 5?

5 Aplikasi untuk Millennial Mom Ikuti Tumbuh Kembang Anak

Usia antara 2 dan 5 sering disebut tahun prasekolah. Selama tahun-tahun ini, anak-anak berubah dari balita yang canggung menjadi seorang anak yang siap untuk menjelajahi hidup mereka. Pad aartikel kai ini kami akan memberikan artikel mengenai aspek tumbuh kembang anak balita.

  1. Perkembangan fisik. Pada tahun-tahun ini, seorang anak menjadi lebih kuat dan mulai terlihat lebih tinggi dan lebih ramping.
  2. Perkembangan kognitif. Seorang anaak seusia ini membuat langkah besar untuk dapat berpikir dan bernalar. Pada tahun-tahun ini, anak-anak belajar huruf, berhitung, dan warna mereka.
  3. Perkembangan emosional dan sosial. Antara usia 2 dan 5, anak-anak secara bertahap belajar bagaimana mengelola perasaan mereka. Pada usia 5, teman menjadi penting.
  4. Bahasa. Pada usia 2, sebagian besar anak dapat mengatakan setidaknya 50 kata. Pada usia 5, seorang anak mungkin tahu ribuan kata dan dapat melanjutkan percakapan dan bercerita.
  5. Sensorik dan perkembangan motorik. Pada usia 2, sebagian besar anak-anak dapat berjalan menaiki tangga satu per satu, menendang bola, dan menggambar goresan sederhana dengan pensil. Pada usia 5, sebagian besar dapat berpakaian dan membuka pakaian sendiri dan menulis beberapa huruf kecil dan huruf kapital.

Setiap anak tumbuh dan memperoleh keterampilan sesuai dengan kemampuannya sendiri. umum bagi seorang anak untuk menjadi yang terdepan dalam satu bidang, seperti bahasa, tetapi sedikit tertinggal di bidang lainnya. Mempelajari apa yang normal untuk anak-anak usia ini dapat membantu anda menemukan masalah sejak dini atau merasa lebih baik tentang apa yang dilakukan anak anda.

Mengapa diperlukan kunjungan medis rutin?

Pemeriksaan rutin biasanya dijadwalkan beberapa kali selama usia 2 hingga 5. Mereka penting untuk memeriksa masalah dan memastikan bahwa anak anda tumbuh dan berkembang seperti yang diharapkan. Di beberapa daerah, anak anda mungkin menemui perawat kesehatan masyarakat untuk pemeriksaan rutin dan imunisasi.

Selama kunjungan ini, dokter akan:

  • Berikan anak anda pemeriksaan fisik.
  • Berikan suntikan yang dibutuhkan anak anda .
  • Timbang dan ukur anak Anda untuk melihat bagaimana ia membandingkan dengan anak-anak lain pada usia yang sama.
  • Ajukan pertanyaan tentang perilaku anak anda dan keluarga anda.
  • Tanyakan aktivitas atau teman favorit anak anda.

Pemeriksaan rutin adalah saat yang tepat untuk berbicara dengan dokter anda tentang masalah apa pun yang anda miliki tentang kesehatan, pertumbuhan, atau perilaku anak anda. Di sela-sela kunjungan, tuliskan semua pertanyaan yang ingin anda tanyakan kepada dokter lain kali.

Kapan anda harus menghubungi dokter?

Hubungi dokter anda kapan saja anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan fisik atau emosional anak anda. Pastikan untuk menelepon jika anak anda:

 

  • Tidak mencapai tonggak perkembangan seperti yang diharapkan.
  • Tidak tumbuh dengan kecepatan yang stabil.
  • Kehilangan keterampilan yang dia miliki, seperti berbicara atau berlari.
  • Terlalu agresif, kasar, atau kasar.

Bagaimana Anda dapat membantu anak anda selama tahun-tahun ini?

Penting untuk mempelajari beberapa perilaku yang dapat anda harapkan selama tahun-tahun perubahan yang cepat ini. Marah, mengisap ibu jari, dan mimpi buruk adalah masalah umum pada anak-anak usia ini. Mengetahui apa yang diharapkan dapat membantu anda bersabar dan melewati saat-saat yang menegangkan. Hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk anak anda adalah menunjukkan cinta dan kasih sayang anda. Tetapi ada juga banyak cara lain untuk membantu anak prasekolah anda tumbuh dan belajar. Tawarkan makanan sehat kepada anak anda. Simpan banyak buah, sayuran, dan camilan sehat di rumah. Luangkan waktu bagi anak anda untuk aktif. Batasi waktu TV dan komputer untuk kurang dari 1 jam sehari untuk anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun dan 2 jam atau kurang sehari untuk anak-anak di atas 4. Baca dan bicaralah dengan anak anda. Ini membantu anak-anak belajar bahasa dan membukanya untuk ide-ide baru. Bantu anak anda cukup istirahat. Antara usia 2 dan 5, anak-anak membutuhkan sekitar 11 hingga 13 jam tidur setiap hari. Bantu anak anda bermain dengan anak-anak lain. Prasekolah atau kelompok bermain dapat menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi. Ajarkan keterampilan , seperti cara berpakaian dan cara menggunakan toilet.

.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *