Cara Melancarkan Siklus Haid Secara Alami

6 Ibadah yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Ramadan

Menstruasi/haid merupakan siklus alami yang biasa terjadi pada tubuh wanita, siklus ini terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang baik dari FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru atau endometrium pada rahim untuk dibuahi sel telur. Sehingga ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh bersama darah. Pada normalnya, siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari dan ada juga yang mengalami siklus menstruasi setiap 21 hari hingga 30 hari.  Sehingga, bagi anda yang mengalami menstruasi hanya berjarak 21 hari atau kurang dari 35 hari maka bisa dipastikan bahwa siklus menstruasi anda tidak teratur. Dan hal tersebut tentunya menjadi kecemasan tersendiri bagi setiap wanita, beberapa penyakit pada sistem reproduksi ditandai salah satunya dengan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Siklus menstruasi yang tidak lancar ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Mempunyai gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan sering mengkomsumsi alkohol, dapat mengganggu kesehatan dan juga dapat menyebabkan siklus menstruasi anda terganggu dan juga bisa tidak stabil.

Untuk itu, bagi anda yang mengalami siklus mentruasi yang tidak teratur. Anda bisa mengatasi hal tersebut, dengan mengkomsumsi makanan dan buah ini. Berikut ini makanan dan buah yang bisa melancarkan haid:

  1. Brokoli

Cara melancarkan haid yang pertama adalah dengan mengonsumi brokoli. Brokoli mempunyai bentuk yang unik dan mempunyai tekstur yang renyah, dengan mengkomsumsi brokoli ternyata sangat efektif untuk melancarkan siklus menstruasi loh. Karena di dalam brokoli, mengandung 91% air dan dapat membantu menyingkirkan kambung yang kerap dialami saat menstruasi. Selain itu juga, brokoli kaya akan kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E serta mineral penting seperti potasium dan magnesium yang dapat membantu meredakan gejala PMS (Premesntruasi syndrome).

  1. Telur

Telur yang sudah direbus memiliki kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang terkandung di dalam telur, dapat membantu untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar. 

  1. Susu Kedelai

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan susu kedelai. Bagi anda merupakan salah satu yang mengalami alergi terhadap susu, maka anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Susu kedelai sangat bergizi, dan tak hanya itu saja susu kedelai juga dapat membantu untuk melancarkan siklus mentruasi agar teratur.

  1. Ikan Dan Minyak

Ikan merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh, asam lemak oega 3 ini akan melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Dengan begitu, anda bisa mengkomsumsi ikan pada saat menstruasi agar siklus menstruasi anda berjalan lancar.

  1. Pepaya Muda

Selain makanan, ternyata untuk meperlancar siklus menstruasi juga bisa dengan mengkomsumsi buah pepaya muda. Pepaya muda, diyakini mengandung nutrisi yang secara cepat. Yang dapat bekerja mengatur konstraksi rahim, dan dapat meningkatkan aliran darah ke dalam.

  1. Biji Wijen

Selain brokoli, biji wijen juga dapat membantu untuk memperlancar siklus menstruasi. Tetapi juga,  jangan mengkomsumsi biji wijen secara berlebih karena dapat meningkatkan pasan di tubuh.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk susu yang kaya akan kalsium dan protein, dengan kandungan bakteri baik di dalam yoghurt memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan baik untuk disertakan dalam menu harian. Selain itu juga, yoghurt juga bisa memperlancar siklus menstruasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *