Sebelum Dunia Terbalik Menceritakan Kisah Cinta Kemed Dan Eros Muda 

Sebelum Dunia Terbalik merupakan sinetron web drama yang sudah mulai ditayangkan di RCTI+ Streaming sejak 24 Agustus 2020. Sinetron mini seri produksi MNC ini digarap oleh sutradara terkenal Iip Sariful Hanan, dirinya sudah berhasil mensutradari serial TOP dan DT. Sebelum Dunia Terbalik menjadi Nonton RCTI+ Original Series yang pertama serta dapat disaksikan setiap hari Senin hingga Minggu.

Dibintangi oleh sejumlah aktor muda, berbakat, dan terkenal seperti Randy Martin, Lania Fira, Yuna Silva, Fachri Muhammad, Elgi Purnama, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa sinetron yang pernah dibintangi Randy Martin seperti Bumi Langit, Kecil Kecil Mikir Jadi Manten, serta Seleb. Sedangkan Lania Fira sebelumnya pernah bermain di sinetron web series VIU dan Assalamualikum Calon Imam.

Tonton Sebelum Dunia Terbalik RCTI+ ini menceritakan tentang kisah cinta Ustad Kemed dan Mak Eros sewaktu mereka masih muda sekitar tahun 80-an. Selain itu akan diceritakan juga sosok Mang Oding sewaktu muda. Kemudian ada empat sekawan si Akum, Aceng, Dadang, dan Idoy sewaktu mereka masih kecil. 

Plot cerita dari sinteron dengan latar belakang tahun 1983 ini menceritakan kisah cinta Kemed (yang diperankan Randy Martin), dia digambarkan seorang playboy desa yang sering mengumbar janji janji manis pada banyak gadis lalu mengingkarinya. 

Kemed saat ini tengah menjalani hubungan cinta dengan Sopiah (yang diperankan Yuna Silva). Tetapi saat Sopiah meminta kejelasan dan kepastian dari hubungan mereka, Kemed selalu menghindar. Kemed selalu menunda menunda keinginan Sopiah yang ingin segera dilamar. Hingga suatu hari, Eros (yang diperankan Lania Fira) pulang ke desa Cibarengkok setelah menyelesaikan studi menjahit di Bandung.  

Setelah satu tahun berlalu, Eros terlihat berbeda dan lebih cantik. Bahkan awalnya beberapa orang di desa Cibarengkok pangling dengan kecantikannya yang sekarang. Kecantikan Eros membuat Kemed mulai tergoda lalu tertarik pada sang kembang desa. Sementara itu Eros sudah dijodohkan dengan pria pilihan orang tuanya yaitu Ajad (yang diperankan Fachri Muhammad). 

Niat Kemed untuk mulai mengikuti Eros justru terhalang karena sang playboy kampung ternyata takut ketahuan oleh Sopiah dan ayahnya. Untuk menghindarkan calon istrinya digoda pemuda kampung lainnya, Ajad menggunakan mobilnya mengantar Eros pulang hingga sampai ke rumahnya. 

Sementara itu Kemed yang mengajak sahabatnya (yang diperankan Elgi Purnama) gagal menemui Eros, karena sang pujaan hati diantar pulang oleh calon suaminya, bahkan Kemed hampir bertengkar dengan Ajad. 

Kemed di suatu malam ingin menemui Eros di rumahnya. Tetapi saat itu Eros sudah tidur, lalu Kemed diusir orang tua Eros yang marah. Karena Kemed masih takut dengan orang tua Eros, sehingga dia menyuruh sahabatnya Yusuf untuk memberikan surat pada Eros. 

Tetapi Yusuf menolak keinginan Kemed, karena status Kemed yang masih menjadi pacar Sopiah, dan Yusuf tidak ingin merusakan hubungan itu. Kemed pun akhirnya memberanikan diri pergi ke rumah Eros. Disaat yang sama, Sopiah datang ke rumah Kemed untuk menemui sang pacar. 

Sebelumnya Kemed sudah minta ijin pada ibunya akan pergi menemui Sopiah. Akhirnya mereka berdua mencari Kemed, hingga bertemu dengan Oding (yang diperankan Adi Dharma Wijaya). Oding mengatakan bahwa Kemed akan menyatakan cintanya pada Eros. 

Kemudian ibu Kemed dan Sopiah pergi langsung ke rumah Eros, tetapi sesampainya disana mereka tidak menemukan Kemed. Hal tersebut membuat Sopiah sangat sedih, sedangkan Eros mengatakan jika dirinya tidak tahu tentang masalah ini.