Cara Membuat Bubur Manado Yang Enak

Resep Membuat Bubur Manado Asli, Bikin Perut Hangat dan Nyaman

Di musim pandemic yang membutuhkan makanan sehat, penting sekali memakan sayuran. Namun jika anda bosan dengan sayuran yang hanya ditumis dan direbus. Anda bisa coba membuatnya menjadi campuran bubur. Salah satu bubur yang ada banyak sayurannya adalah bubur manado. Bubur manado memang banyak isian sayuran dan umbi-umbian. Bahkan di dalam bubur manado ini ada labu kuningnya. Labu kuning ini memang memiliki gizi yang menyehatkan tubuh dan sangat lembut di mulut. Anak-anak pasti akan suka bubur manado ini. Anda bisa  buatkan untuk sarapan anak-anak anda juga karena sehat dan juga mengeyangkan. Berikut cara membuat bubur manado.

  1. Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat bubur manado ini mmeang cukup banyak. Jadi anda harus persiapkan dengan betul dan waktu ke pasar catat daftarnya agar tidak ada yang ketinggalan. Anda siapkan daun kemangi 31 helai, daun gedi 90 gram, daun lelem 40 gram, sayur kangkung 50 gram, sayur bayam 50 gram, labu kuning yang sudah tua sebanyak 450 gram, jagung yang manis 1 buah saja dan anda pipil jagungnya, garam 2 sendok teh, serai 1 buah dan digeprek. Daun salam 2 lembar saja, daun pandan 2 lembar, air biasa 2 liter, dan beras sebanyak 200 gram.

  1. Bahan Pelengkapnya

Selain bahan utama, ada bahan pelengkap yang enak sekali dimakan dengan bubur Manado. Anda bisa siapkan ikan asin jambal roti yang dipotong menjadi bagian yang kecil. Siapkan ikan jambal roti ini sebanyak kurang lebih 190 gram. Ikan asin jambal rotinya digoreng hingga matang agar enak. Setelah itu siapkan juga sambal dengan cabe rawit merah. Selain itu juga anda siapkan juga jeruk limau atau jeruk lemon kalau tidak ada.

  1. Cara Memasak Bubur Manado
  • Hal pertama yang haru dilakukan dalam membuat bubur manado ini dengan mencuci bersih berasnya. Kemudian didihkan air dengan berasnya. Usahakan untuk gunakan api sedangh saja agar tidak gosong.
  • Masukkan daun pandan, daun salam dan juga serai yang sudah digeperek. Setelah itu turunkan apinya hingga kecil saja.
  • Kemudian anda masukkan labu kuningnya yang sudah dipotong kecil-kecil sekali. Masukkan juga jagung manis tadi. tambahkan garam ke dalamnya.
  • Kemudian sambil diaduk, masukkan sayurannya seperti kangkung, bayam dan daun gedi. Daun lelem juga dimasukkan. Aduk lagi buburnya.
  • Tambahkan daun kemangi jangan lupa. Pastikan semua bahan matang seperti labu kuning atau jagung manis. Jika kurang air, bisa tambahkan sedikit saja
  1. Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

Memasak bubur manado ini tidak mudah karena anda harus gunakan api yang sesuai kalau tidak salah satu bahan bisa gosong. Bukan hanya itu saja tahapan dalam memasukkan bahan juga harus sesuai agar rasanya tidak berubah dna menjadi tidak enak. Kemudian jika anda tidak tahu daun lelam itu apa. Daun lelam adalah daun yang berbentuk hijau gelap, runcing bulat dan juga sedikit tebal. Fungsi dari daun lelem ini penting untuk bau anyir tidak muncul. Daun gedi juga mungkin ada sebagian yang tidak tahu. Daun gedi ini adalah daun papaya Jepang. Bentuk dari daun gedi sendiri seperti bergerigi di bagian pinggirnya. Apa fungsi daun gedi? Fungsinya untuk membuat bubur manado ini kental dan lumer ketika ditelan di mulut.