5 SAJIAN KULINER KHAS KOTA BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN YANG BIKIN LIDAH GOYANG

12 Restoran Enak di Kota Banjarbaru Paling Recomended - Beri Mardiansyah

Kalimantan selatan saat ini memang sudah menjadi salah satu aset penting yang di miliki oleh negara kita, indonesia. Karena memang kalimantan selatan sendiri banyak memiliki ciri khas dan keindahan alam yang tiada tara. Selain itu, kalimantan selatan juga merupakan salah satu provinsi di indonesia dengan berbagai tempat atau destinasi wisata cantik yang jarang di miliki oleh provinsi atau kota lain nya. Berbicara soal kalimantan selatan apakah kalian tahu dengan salah satu kota terkenal nya yaitu banjar baru seperti yang dilansir oleh berita hari ini.

Banjar baru, salah satu kota yang paling terkenal di kalimantan selatan ini menyajikan banyak keindahan alam dan kekayaan yang sangat melimpah ruah. Mulai dari wisata alam, rekreasi tempat bermain, dan yang tak ketinggalan adalah sajian kuliner yang begitu terkenal dari kota banjar baru ini. Di kota banjar baru sendiri ada banyak sajian kuliner khas yang berasal dari kota ini, Dan berikut 5 sajian kuliner khas dari kota banjar baru yang patut kalian coba.

  1. Petah jaring tahilala.

Makanan pertama yang berasal dari kota banjar, kalimantan selatan adalah Petah jaring tahilala. Terbuat dari tepung beras dan campuran santan membuat makanan atau jajanan khas kota banjar baru yang satu ini banyak di minati oleh pengunjung. Citarasa yang tersaji pun begitu lezat, rasa manis serta gurih akan membuat mulut tak bisa berhenti mengunyah nya.

  1. Kueh lam.

Jika kalian tahu kue lapis? Nah kueh lam tak jauh berbeda dengan kueh lapis. Tetapi yang membedakkan antara kueh lam dan kueh lapis adalah soal rasa. Karena kueh lam sendiri di buat khusus oleh pribumi asli kalimantan selatan dengan olahan tersendiri dan berbagai bahan asli khas kalimantan. Dan kueh lam sangat cocok buat kalian yang ingin menjadikan oleh-oleh khas dari kota banjar baru.

  1. Bingka barandam.

Selanjutnya masih seputar makanan khas dari kota banjar baru, kalimantan selatan ada salah satu makanan yang tak boleh di lewatkan jika sedang berkunjung ke kota banjar baru yaitu Bingka barandam. Bingka barandam adalah salah satu makanan spesial, mengapa begitu? Karena makanan ini biasanya hanya di buat di bulan suci Ramadhan, dan jarang di buat bulan-bulan lain nya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba Bingka barandam?.

  1. Haliling.

Berbahan utama keong makanan khas dari kota banjar baru, kalimantan selatan yang satu ini sangat lah lezat. Banyak orang memburu nya sebagai sayur makan bersama keluarga. Citarasa gurih yang ada pada haliling memang sangat kuat dan mampu menambah nafsu makan. Maka tak heran pula kalau Haliling banyak di buru oleh masyarakat domestik maupun para pengunjung dari luar daerah.

  1. Pakasam.

Dan yang terakhir sebagai sajian kuliner khas dari kota Banjar baru, kalimantan selatan adalah pakasam. Jika mendengar namanya memang cukup unik, tetapi soal rasa jangan di ragukan lagi. Bahan utama yang di gunakan untuk membuat Pakasam adalah ikan laut bisa juga tawar. Kemudian ikan-ikan tersebut akan di goreng dan dilumuri bumbu khas beserta nasi putih. Mendengar proses pembuatan nya saja sudah sangat menggugah selera, apalagi sudah pernah mencicipinya?.

Itulah berbagai sajian kuliner khas dari kota banjar baru, kalimantan selatan. Sebenernya masih banyak sekali makanan khas dari kota banjar baru lain nya yang juga tak kalah lezat.