Ini Alasan Marzuki Alie cs Cabutan Gugatannya Terhadap AHY

Marzuki Alie Cs Cabut Gugatan Terhadap AHY di PN Jakpus

Saiful Huda Ems selaku Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Partai Demokrat (PD) versi KLB di Deli Serdang membeberkan alasan pencabutan gugatan Marzuki Alie dan rekannya terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di PN Jakarta Pusat.

Berita terkini Hari ini, AHY sempat digugat Marzuki Alie dan beberapa kader PD saat mereka dipecat sebagai kader partai berlambang segitiga merah putih itu. Menurut Saiful, salah satu alasan utama dicabutnya gugatan tersebut adalah karena situasi politik yang berubah begitu cepat. Selain itu masih ada alasan lain yang membuat Marzuki Alie cs mencabut gugatannya terhadap AHY.

Berikut dibawah ini fakta fakta menarik tentang pencabutan gugatan Marzuki Alie cs terhadap Agus Harimurti Yudhoyono :

  1. Marzuki cs Mencabut Gugatan Dengan Alasan Telah Mendapatkan Kembali Status Keanggotan Mereka

Kemudian Marzuki dan rekan rekannya juga beralasan telah mendapatkan kembali status keanggotan mereka lewat KLB Partai Demokrat di Deli Serdang sehingga tidak perlu lagi mengunggat AHY.

Saiful dalam keterangan resminya berkata, tidak ada urgensinya lagi bagi Marzuki Alie cs yang telah dikembalikan lagi status keanggotan partainya seperti semula oleh KLB Partai Demokrat untuk melanjutkan gugatannya lagi terhadap AHY di PN Jakarta Pusat.

  1. Gugatan Marzuki cs Terkesan Melegitimasi Kepemimpinan PD Dibawah AHY

Selain itu juga, menurut Saiful, gugatan Marzuki cs di PN Jakpus terkesan melegitimasi kepemimpinan Partai Dekomrat (PD) dibawah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pasalnya, Marzuki cs menggugat pemecatan mereka sebagai kader Partai Demokrat dibawah naungan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Oleh karena itu, atas dasar alasan seperti itulah dicabutnya gugatan terhadap Ketum Partai Demokrat AHY oleh Marzuki Alie cs sebagai penggugat melalui tim kuasa hukumnya. Menurut Saiful, Marzuki Alie dan semua peserta KLB Partai Demokrat di Deli Serdang telah memutuskan hanya ada satu Ketua Umum di Partai Demokrat yaitu Moeldoko.

Saiful menegaskan bahwa pada kenyataannya masyarakat memang lebih menyukai Partai Demokrat yang dipimpin oleh seorang Jenderal daripada Partai Demokrat yang dipimpin oleh seorang mayor.

  1. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Menyambut Positif Keputusan Marzuki Alie cs

Herzaky Mahendra Putra selaku Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat menyambut positif keputusan Marzuki Alie cs yang mencabut gugatan terhadap AHY di PN Jakarta Pusat.

Herzaky menilai, Marzuki cs menyadari bahwa mereka dalam posisi keliru, sehingga mantan Sekjen Partai Demokrat itu mencabut gugatannya di PN Jakarta Pusat. Menurut Herzaky, akhirnya Marzuki cs sadar dan mencabut gugatannya lantaran legal standing mereka lemah.

  1. Herzaky : Langkah Pemecatan Kader Tidak Seharusnya Langsung Ke Jenjang Pengadilan

Setelah itu Herzaky menyinggung Pasal 32 UU Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan atas Undang Undang No 2 Tahun 2008 Tentang Parpol.

Dalam pasal tersebut, alumni Universitas Indonesia (UI) itu berujar bahwa perselisihan parpol seharusnya diselesaikan oleh internal sebagaimana yang diatur dalam AD/ART.

Loyalis AHY ini juga mengungkapkan, penyelesaian perselisihan internal parpol sebagaimana yang dimaksud dilakukan oleh suatu mahkamah parpol atau sebutan lainnya yang dibentuk oleh Parpol.

Oleh karena itu, langkah pemecatan kader seharusnya tidak langsung ke jenjang pengadilan. Herzaky pun menyindir Marzuki Alie cs yang baru menyadari setelah membaca dari UU Parpol itu. Herzaky pun berharap agar Marzuki Alie cs menyadari kekeliruannya selama ini sehingga dipecat dari Partai Demokrat.