5 Peluang Bisnis Setelah Lebaran 2021 yang Potensi Cuan

Di Indonesia, ada cukup banyak peluang bisnis musiman yang bisa dijadikan ladang cuan sementara. Salah satunya adalah momen pasca Lebaran. Di mana pada momen ini, banyak orang berupaya untuk memulihkan kondisi keuangan dengan cara berhemat, mempersiapkan berbagai keperluan di bulan berikutnya, hingga berusaha diet dan memperbaiki pola makan yang berlebihan saat Lebaran. 

Nah, berikut ini adalah 5 rekomendasi peluang bisnis setelah Lebaran 2021 yang bisa kamu coba dan persiapkan dari sekarang!

Paket makan siang hemat

Setelah jor-joran pengeluaran selama Lebaran, di bulan berikutnya orang-orang akan cenderung berhemat. Termasuk soal urusan makan. Apalagi mereka yang sudah harus kembali bekerja. Nah, kondisi ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk berbisnis paket makan siang hemat yang kisaran harganya mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribuan. 

Dengan catatan, kamu punya banyak waktu luang di rumah untuk mengelola bisnis ini. Sebab, berbisnis makanan perlu usaha ekstra dimulai dari menyiapkan bujet, belanja, mengolah bahan makanan, memasak, mengemas, sampai memikirkan proses pengantarannya. Jika pemula dan waktunya terbatas, kamu bisa mencobanya dengan memulai pre-order dengan kuota yang kecil dulu atau hanya buka orderan di hari-hari tertentu. 

Marketing hewan kurban

Setelah hari raya Idul Fitri, nggak lama lagi akan masuk momen hari raya Idul Adha. Di mana umat muslim dianjurkan untuk beribadah kurban, terutama bagi yang mampu. Biasanya, satu bulan jelang Idul Adha, sudah banyak pedagang hewan kurban yang menawarkan dagangannya baik di pinggir jalan maupun secara online. 

Berbisnis hewan kurban tentu membutuhkan modal dan effort yang besar. Jika kamu pemula dan sama sekali belum paham bisnis ini, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menjadi marketer dari penjual hewan kurban yang sudah dikenal namanya. Biasanya, marketer hewan kurban akan mendapat komisi dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Persentase komisinya akan berbeda-beda tergantung penjual atau jenis hewan yang berhasil dijual. Dibanding usaha sampingan, peluang ini mungkin lebih cocok jika disebut sebagai pekerjaan sampingan. Dengan mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau fitur WhatsApp Story, sambil bekerja, kamu bisa menyambi promosi dagangan hewan kurban dari penjual/supplier. 

Aneka mainan untuk anak

Lebaran adalah momen mengoleksi angpau bagi anak-anak. Pasca Lebaran, biasanya anak-anak diberi kebebasan oleh orang tuanya untuk membelanjakan hasil angpau sesuai keinginannya. Salah satu yang digemari anak-anak selain cemilan, tentu saja mainan. Menjadi reseller atau dropshiper mainan, juga dapat menjadi peluang bisnis yang bisa kamu coba setelah Lebaran 2021. Bisa buka toko/menjajakan mainan di rumah jika wilayah rumahmu banyak anak-anak, bisa juga secara online dengan menargetkan orang tua anak-anak dengan ekspektasi orang tua tsb tertarik untuk memberikan mainan ke anak-anaknya. 

Perlengkapan sekolah

Meski masih harus belajar dari rumah, kebutuhan perlengkapan sekolah saat tahun ajaran baru 2021 akan terus berjalan. Terutama buku, alat tulis, dan peralatan pendukung belajar seperti meja dan kursi yang nyaman, stand holder untuk HP anak saat belajar online, sampai HP atau laptop yang memadai untuk mengakses semua situs online learning. Nah selain mainan, menjadi reseller atau dropshipper dari perlengkapan sekolah anak-anak juga bisa berpotensi menghasilkan cuan, lho. Apalagi, perlengkapan sekolah termasuk barang yang mudah didapat. Kamu bisa melakukan riset di marketplace untuk mendapatkan supplier perlengkapan sekolah yang oke dengan harga murah. 

Suplemen dan produk pelangsing

Suplemen herbal dan aneka produk pelangsing juga menjadi produk yang kerap dicari orang pasca Lebaran. Terutama untuk kembali sehat dan meluruhkan lemak-lemak dengan cara singkat pasca berhari-hari mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Namun, jika tertarik melirik produk ini, pastikan kamu mencari produk yang resmi beredar dan sudah terdaftar di BPOM ya. Selain menghindari risiko efek samping yang merugikan konsumen, menjual produk yang legal dan terdaftar juga aman untuk kelanjutan bisnismu. 

Butuh modal untuk bangun bisnis sampingan setelah Lebaran 2021? 

Pengen coba jalanin bisnis musiman setelah Lebaran, tapi THR udah terlanjur habis untuk keperluan Lebaran? Kalau nggak ada tabungan yang bisa dijadikan modal, kamu punya pilihan untuk mengajukan pinjaman produktif untuk modal usaha ke aplikasi fintech seperti Kredivo.

Selain modal uang, Kredivo juga merupakan aplikasi kredit online tanpa uang muka yang bisa digunakan di 1000+ merchant ternama di Indonesia, lho. Contohnya ada Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Erafone, Samsung Store, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, jika kamu membutuhkan modal berupa barang seperti HP, kamu bisa mengambil kredit HP tanpa uang muka dengan Kredivo

Di Kredivo, bukan hanya bisa kredit barang apapun tanpa uang muka, bunga yang ditawarkan juga rendah lho. Plus, tenornya cukup variatif. Kredivo memiliki tingkat suku bunga 2,6% per bulan dengan opsi tenor 3/6/12 bulan. Untuk kredit HP tanpa uang muka dan barang lainnya, minimum harga barang juga hanya Rp 500 ribu untuk cicilan. Jadi, kalo kamu butuh HP murah untuk modal bisnis, bisa juga dicicil pakai Kredivo. 

Yang menarik, sampai dengan tanggal 1 Mei 2021 nanti, Kredivo punya promo cicilan 0% khusus untuk tenor 3 bulan dan 6 bulan lho. Kalo kamu pengen nyicil yang hemat, promo ini bisa jadi kesempatan yang pas. 

Tertarik daftar Kredivo? Kamu bisa registrasi sekarang dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Pilih daftar sebagai akun Premium & dapatkan kesempatan mendapat limit kredit yang lebih besar, maksimal s.d Rp 30 juta!