Mengenal Slip Gaji dan Komponen Penting di Dalam nya

Hindari! 5 Hal Ini Pantang Dilakukan Jika Kamu Memiliki Gaji Tinggi

Slip gaji karyawan merupakan sebuah dokumen penting yang perusahaan berikan untuk bukti telah diterimanya gaji oleh sang karyawan. Dengan ada nya slip gaji ini, maka karyawan atau pegawai ajan dengan mudah melihat rincian pendapatan yang di dapatkan dari gaji seperti gaji pokok, potongan, pajak, tunjangan, insentif dan lain – lain. Banyak sekali contoh slip gaji karyawan karena pada dasarnya tiap perusahaan memiliki bentuk slip gaji yang berbeda – beda. Anda bisa menemukan berbagai referensi sebagai contoh slip gaji karyawan yang perlu terdapat beberapa komponen di dalam nya.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa detail atau komponen dasar yang perlu dimasukkan ke dalam format slip gaji karyawan, contohnya adalah seperti nama lengkap sang karyawan, nomor KTP karyawan, pajak, periode gaji, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan masih terdapat beberapa hal lainnya.

Secara garis besar, slip gaji ini merupakan rincian gaji yang perusahaan berikan kepada karyawan atau pegawai setelah bekerja dalam periode tertentu. Umumnya, slip gaji ini akan diberikan setiap bulan sesuai dengan waktu gajian yang telah ditentukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa slip gaji ini bukan hanya selembar kertas belaka, namun slip gaji merupakan bukti resmi bahwa perusahaan atau kantor sudah membayarkan gaji kepada karyawannya. Selain itu juga slip gaji dapat digunakan untuk dokumentasi mengenai data pengeluaran perusahaan.

Dengan slip gaji, maka karyawan dapat menggunakan slip gaji tersebut sebagai bukti kejelasan mengenai gaji yang akan didapatkannya, yang telah dipotong, dan berapa jumlah akhir yang sang karyawan dapatkan. Jika anda berpikir bahwa slip gaji merupakan dokumen yang tidak penting, maka pemikiran anda keliru. Pasalnya, bisa saja jika anda bekerja di bagian finansial dan penggajian karyawan, maka anda akan menemui banyak karyawan yang complain atau bahkan menuntut kejelasan gaji yang ia dapatkan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa format slip gaji tiap perusahaan berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, namun secara garis besar dapat dipastikan kompenen dari slip gaji akan berisi sebagai berikut:

  1. Identitas perusahan

Adanya nama perusahaan sebagai identiats ini bertujuan untuk memastikan dan menyatakan perusahaan terkait yang mengeluarkan slip gaji tersebut baik secara online atau offline. Hal ini dapat digunakan dan dipertanggung jawabkan oleh perusahaan.

  1. pernyataan kerahasiaan dokumen

Dalam slip gaji diperlukan untuk menyatakan kerahasiaan dokumen, meskipun sudah sewajarnya bahwa informasi gaji merupakan suatu hal yang rahasia. Namun hal tersebut perlu dinyatakan atau dituliskan karena  bertujuan agar dapat memberikan informasi dan juga menambah level confidential dokumen.

  1. periode pembayaran gaji

Informasi yang berkenaan dengan periode pembayaran ini sangat penting karena memiliki tujuan agar bisa meminimalisir kesalahan informasi yang bisa saja terjadi apabila periode gaji tidak dituliskan dan sinyataan secara lengkap dan jelas.

  1. pendapatan sang karyawan

Jumlah pendapatan karyawan dan juga jumlah potongan yang dipotong dari pendapatan tersebut perlu dituliskan guna menunjukkan pendapatan bersih karyawan selama satu bulan. Dengan begitu, maka dapat menghindari adanya konflik yang berkenaan dengan karyawan merasa kurang mendapatkan informasi dari perusahaan mengenai gaji kurang transparan.

  1. Keterangan Lengkap Pembayaran Gaji

Hal satu ini juga merupakan suatu bagian penting yang perlu ada pada slip upah karyawan karena dapat memberitahu dan memperlihatkan mengenai penghasilan karyawan dalam tahun berjalan sebelum dan sesudah dikurangi pajak.