PENTING! TIPS PARENTING YANG HARUS DIKETAHUI ORANG TUA

Inilah 8 Tips Parenting yang Harus Diketahui Orang Tua - Dua Berita

Kita Semua tahu bahwa memperhatikan tumbuh kembangĀ  sang buah hati adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan orang tua. Pasalnya kita bukan hanya dituntut untuk memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati hanya dari fisik saja melainkan interaksi sosialnya. Saat ini sudah banyak sekali terjadi penganiayaan atau bullyng terhadap anak yang banyak terjadi di sekolah. Kita sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi terhadap anak kita. Nah kali ini saya akan memberikan tips parenting yang harus diketahui orang tua. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berkikut.

1. Memahami kelebihan sang buah hati

Kita sebagai orang tua harus pintar mengamati apa yang menjadi kelebiha sang buah hati. Dan bukan hanya memahami saja, jika kita sudah mengetahui kelebihan sang buah hati maka kita harus menyediakan sarana untuk mengembangkan kelebihannya. Setelah itu kita juga harus memberikanmencerminkan hal positif kepada anak seperti dukungan secara mental agar sang anak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namn biasanya anak-anak akan lebih paham jika mendengarkan dan dijelaskan, jadi kita juga harus serin-sering menjelaskan.

2. Memberikan perhatian

Memberikan perhatian kepada anak dalam setiap aktivitasnya adalah salah satu hal penting untuk membantu perkembangan mental sang anak. Ada baiknya setiap pergerakan atau apa pun yang dilakukan sang anak dapat kita komentari dengan hal yang poditif. Karena biasanya jika mereka tidak mendapatkan perhatian di dalam keluarganya, maka ia akan mencari perhatian di tempat lain. Hal itu sangat lumrah terjadi bahkan tidak jarang banyak anak yang salah memilih dalam mencari perhatian.

3. Jangan membandingkan

Membandingkan anak dengan saudaranya atau orang lain adalah hal yang sering terjadi di pada hubungan orang tua dan anak. Hal ini adalah salah satu hal yang tidak baik untuk dilakukan orang tua terhadap anaknya. Karena anak akan berpikir bahwa yang dibandingkan itu lebih baik dari pada dirinya, sehingga hal itu membuat sang anak iri. Selain dari pada itu, anak aka melakukan persaingan terhadap seseorang yang dibandingkan dengan dirinya, bahkan bisa jadi seumur hidupnya. Jadi kita sebagai orang tua harus bersikap adil kepada anak sendiri.

4. Berikan Hadiah

Seperti yang kita tahu bahwa sejatinya anak-anak menyukai hadiah kita bisa memberikan hadiah kepada sang anak dengan syarat ia rajin belajar. Hal ini terbilang efektif ketimbang sering memberikan hukuman kepada anak. Karena kita juga tahu bahwa seiring berkembangnya jaman, cara mendidik anak juga harus berubah tetapi tetap dalam perubahan kea rah yang lebih baik. Jika kita sering memberikan pernghargaan kepada anak, maka motivasi sang anak untuk belajar juga akan bertambah.

5. Menahan Amarah

Menahan amarah juga merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua kepada anaknya. Banyak sekali orang tua yang tidak bisa mengontrol emosinya sehingga membuat sang anak merasa sedih dan takut untuk berekspresi. Teradang marahnya orang tua juga mengejek anaknya dan hal itu sangat fatal bagi kesehatan mental sang anak. Usahakan untuk menahan amarah dan lebih cenderung kepada perkataan yang positif agar sang anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Nah itulah beberapa tips parenting yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Dan ingat untuk menerapkan hal di atas agar sang anak dapat menjadi anak yang berprestasi, terimakasih.