Apa itu Rotavirus? Apa cir-cirinya? Simak berikut!

Jenis Infeksi Virus yang Umum pada Balita, Kenali Rotavirus

Kalian mungkin masih bertanya-tanya apa itu rotavirus? Wajar saja memang penyakit ini masih jarang diketahui banyak orang. Rotavirus merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran cerna. Yang lebih buruknya lagi virus ini banyak menyerang anak-anak dan rotavirus adalah salah satu penyebab diare yang sering dialami oleh anak-anak. Belum sampai disitu saja bahkan rotavirus merupakan salah satu penyebab naiknya angka kematian yang dialami oleh anak khususnya di Indonesia. Untuk itu kita sebagai orang tua harus mengetahui apa itu rotavirus, bagaimana cara mengatasinya, dan ada baiknya untuk memberikan vaksin rotavirus terhadap bayi.

Rotavirus mudah menular dan berbahaya

Sebenarnya tidak ada satu pun penyakit yang tidak berbahaya, namun rotavirus memang tidak bisa dianggap sepela. Diterangkan dalam laman CDC yakni, pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat bahwa, rotavirus merupakan suatu virus yang mudah menular dan dapat menyebabkan radang pada lambung dan usus.

Selain itu rotavirus juga rentan menular terhadap anak-anak dimana anak-anak belum memiliki kekebalan tubuh yang sempurna. Anak-anak yang terkena virus ini dapat mengalami diare, mual, demam, sakit perut, dan bahkan dehidrasi. Pada umumnya virus ini bisa menginfekasi bayi dalam rentang umur dibahwah 3 tahun. Mengingat anak dengan umur tiga tahun belum cukup kuat untuk melawan suatu penyakit, untuk itu kita sebagai orang tua harus benar-benar menjaga anak kita dari rotavirus.

Ditakankan bahwa anak-anak adlaah salah satu yang rentang terkena rotavirus namun bukan berarti virus ini tidak bisa menyerang orang dewasa. Karena pada dasarnya siapa pun dapat terkena rotavirus, tetapi dalam hal ini rotavirus tidak akan mengakibatkan gejala yang parah dibandingkan dengan anak-anak yang terkena virus tersebut. Meski begitu kita harus tetap hati-hati sebab kita tidak boleh meremehkan suatu penyakit apa pun.

Untuk itu kita harus memberikan anak kita vaksin rotavirus agar jika anak kita terkena virus tersebut maka ia tidak akan mengalami dampak yang sangat buruk, paling tidak vaksin tersebut dapat meminimalisir dampak yang diberikan terhadap virus tersebut.

Proses penularan rotavirus

Diingatkan kembali bahwa rotavirus merupakan suatu penyakit infeksi yang dapat dengan mudahnya menyebar atau menular. Awalnya virus ini berada pada feses orang yang sudah pernah terinfeksi, walaupun pada saat tertular orang tersebut belum merasakan gejalanya namun, ia sudah bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain terutama pada lingkungan sekitarnya.

Untuk itu kita harus selalu menjaga kebersihan diri agar tidak menularkan rotavirus pada keluarga dan orang-orang terdekat. Saat ini new normal membuat kita sedikit lega sebab kita harus wajib cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal itu sangat meminimalisir seseorang untuk menularkan rotavirus terhadap lingkungan sekitarnya. Namun seperti yang kita ketahui bahwa, tidak semua orang mau untuk menjalani hidup sehat seperti menjaga kebersihan. Pasalnya masih banyak orang yang meremehkan hal tersebtu dan memilih untuk tidak peduli dengan himbauan oleh tenaga kesehatan dan pihak berwenang linnya.

Pada dasarnya menjaga kebersihan dapat membuat kita terhindar dari banyak penyakit salah satunya adalah rotavirus ini, maka dari itu kami mengingatkan kembali bahwa jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar apa itu penyakit rotavirus? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.