Cara Mendidik Anak yang Benar

5 Cara Gampang Membahagiakan Anak, Milenial Juga Perlu Tahu

Mendidik anak menurut islam perlu diketahui oleh setiap umat muslim untuk mendidik anak menurut islam , karena mendidik anak menurut islam berpengaruh kepada akhlak dan masa depan sang anak. Memperdengarkan alquran sejak lahir adalah cara mendidik anak dengan benar , di mulai sejak dalam kandungan hingga lahir, demikian akan membawa ketenangan tersendiri dan semasa hamil juga alangkah baik dan benar nya jika memperbanyak mengaji alquran, tentunya itu juga akan membawa keberkahan tersendiri. Tambahkan pula dengan mendengarkan dan menceritakan kisah kisah islami yang tentunya  cerita yang berkaitan dengan alquran,

“Bukanlah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraan Lailaha-illaallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya”.(H.R Ibnu Abbas)

Hadist ini ada kaitannya dengan dasar dasar cara mendidik anak dengan benar  dengan mengajarkan kalimat Tauhid “ LAILA HA ILLALLAH “ dan “MUHAMMADAR RASULLULLAH”

Ketika orang tua melakukan sholat maka anakpun akan melihat  orangtuanya dengan cara meniru gerakannya dan itu akan terbiasa dengan sendiri nya nanti dengan ijin Alloh SWT. Dengan memberi contoh dan mengajarkan sholat itu juga salah satu cara mendidik anak yang benar

cara mendidik anak menurut islam sebenernya sudah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW , melalui adzan dari sang ayah atau kakeknya .”Dari Abu Dawud dan Tirmidzi Aku telah melihat Rasullullah SAW menga Adzankan Al-Hasan bin Ali pada Telinganya saat dilahirkan oleh Fatimah dengan adzan seperti adzan sholat”.(HR.Tirmidzi) . “suruhlah anak-anakmu sholat ketika umur tujuh tahun,pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.(HR.Ahmad dan Abu Dawud).

Hal yang tidak kalah penting juga dalam cara mendidik anak yang benar ialah dengan memberikan contoh keteladanan, artinya contoh perbuatan lebih efektif (lebih berpengaruh) dari pada perkataan, dikutip dari Imam Al-Manawi yang menyebutkan, bila anak dididik ,maka akhlaknya yang mulia dan ibadahnya yang benar akan menjadi sedekah jariyah bagi orang tuanya. Sedengakan dengan satu sha’ pahalanya terputus bila hal itu tidak dilakukan kembali. Pendapat lain menyatakan Akhlak ialah menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda ,menghormati yang lebih banyak ilmunya dan mangasihi orang yang kurang ilmunya .

Cara mendidik anak yang benar  dengan menyayangi anak dan dapat mengantarkan seseorang kedalam Dar Al-Farh( tempat kebahagiaan)yang berada di dalam surga, berbagilah kebahagiaan dengan anak anak dengan bermain tersenyum dan tertawa, ketika anak anak di ajak bepergian berupa silaturahmi dengan saudara saudara ataupun lagi bertamasya bersama-sama, dikutip dari DR.Nashir Umar “Beberapa hari yang lalu , saya berbincang bincang dengan seorang pemuda yang shaleh ,saya bertanya kepadanya tentang bagaimana cara orang tuanya mendidiknya, pemuda itu begitu bangga terhadap ayah nya ,ayah nya belum pernah memukulinya ,kecuali dengan pukulan yang tidak layak disebut pukulan”  dengan begitu gunakan lah kasih sayang yang tulus dalam mendidik anak,

Mengingat betapa pentingnya pendidikan anak, maka kita hendaknya serius dalam cara mendidik anak yang benar.    Salah satunya dengan cara jangan menyerahkan pendidikan ke lembaga sepenuhnya, peran orang tua tetap yang utama di butuhkan dalm hal perkembangan anak serta melahirkan anak-anak yang shaleh shalehah yang otaknya cerdas ,hatinya lurus dan memiliki keterampilan yang memadai. Dengan begitu selaku orang tua juga bisa mendaftarkan anaknya ke  para kyai di pesantren , yang InsyaAlloh akan mencetak santri santri yang sholeh serta sholehah.

Leave a Comment