Memberi Makanan Untuk Kucing Dengan Tepat

main image

Kucing sering menjadi binatang peliharaan karena tingkah lucunya, kelembutan bulunya dan faktor lainnya. Tetapi kucing juga membutuhkan perawatan agar bulunya tetap indah dan sehat seperti penggunaan makanan kucing maxi. Kucing bisa tumbuh sehat jika diberikan asupan makanan sehat juga. Memiliki nutrisi dan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh kucing tentu adalah hal yang sangat penting. Memberi makanan untuk kucing kampung dengan kucing ras sebenarnya ada kalanya tidak boleh disamakan.

Pada saat ingin memberi makan untuk kucing, maka kalian disarankan untuk bisa atur pola makan serta pintar menentukan jenis pakan paling cocok untuknya. Jangan sampai nantinya kucing dibiarkan kelaparan dan memakan segala sesuatunya yang bisa membahayakan kesehatan kucing tersebut. Sebagai contoh saja, misalnya memakan tikus yang di mana tikus tersebut sebelumnya sudah memakan racun.

Panduan Memberi Makanan Untuk Anak Kucing

Anak kucing baru lahir sangat membutuhkan makanan bergizi agar mendukung pertumbuhannya. Anak kucing baru boleh diberikan makan jika berusia 3 sampai 4 minggu. Cara memberi makannya bisa dengan menyediakan wadah makanan dalam kandang. Letakkan makanan di wadah tersebut tiap jam makan. Karena kucing masih kecil, maka biasanya malas untuk berjalan dengna kondisi yang masih lemah. Kita harus on time terus menyediakan pakan pada wadahnya. Atur juga tekstur makanan untuk anak kucing. Hindari makanan kucing yang keras, harus lembut agar tidak mengganggu lambung atau sistem pencernaan si anak kucing.

Agar makanan kucing bisa lembut, maka makanan harus direndam dalam air sembari diaduk mirip jika membuat bubur untuk anak bayi. Sementara porsi makannya cukup 2 atau 3 kali sehari. Lebih baik ingat terus pola ini dan jangan sampai berlebihan. Mengatur pola makanan anak kucing bisa membuat anak kucing tak berlebihan konsumsi makan yang bisa saja berakibat kepada obesitas. Suapi anak kucing memakai pipet. Lebih bagus jika memakai jari anda, dekatkan ke mulut kucing supaya dijilati olehnya. Hal yang paling utama yaitu tekstur makanan yang lembut serta pola makan yang harus terjaga.

Panduan .Memberi Makanan Untuk Kucing Ras

Baik itu kucing anggora atau pun persia, merupakan jenis-jenis kucing yang disukai banyak orang karena bulunya yang lebat. Tetapi memang dalam perawatannya akan cukup rumit jika dibandingkan dengan kucing kampung. Pertama, beri pakan yang terkandung protein banyak untuk kucing seperti ini. Sebab mereka tak bisa memakan pakan yang terkandung karbohidrat karena sulit dicerna. Hindari juga memberi susu dengan kandungan laktosa (berasa manis) untuk kucing seperti ini karena dan dapat menyebabkan diare. Berilah makanan yang basah dengan kandungan air yang tinggi agar lebih mudah dicerna. Bisa juga dicampur dengan jenis makanan kering. Sementara takaran makanan bisa disesuaikan kebutuhannya.

Lebih baik tidak terlalu banyak agar tidak terdapat sisa. Sebaiknya juga sekali pemberian langsung habis makanan tersebut. Untuk porsi umumnya 3 kali per hari supaya pola makannya lebih teratur. Sedangkan cara memberinya bisa dengan meletakkan makanan ke wadah dan taruh di dalam kandangnya atau bisa menyuapinya kalau masih anakan. Lebih baik usahakan kucing ras minum dengan takaran yang cukup, hindari sampai kurang hidrasi. Itulah beberapa tips memberi pakan untuk kucing yang perlu diperhatikan terutama bagi yang pemula dalam memelihara kucing. Lebih baik kita pelajari berbagai tips di atas agar kucing tepat sehat dan tumbuh kembang maksimal.