5 Alasan Kenapa Cicilan Tanpa Kartu Kredit Cocok Buat Fresh Graduates

Selain mulai menata hidup lewat pekerjaan baru dan penghasilan pertamanya, para fresh graduates umumnya sudah mulai menyusun rencana keuangan pribadi. Termasuk memilih layanan kredit yang tepat untuk menunjang berbagai kebutuhannya. Mulai dari bayar tagihan rutin bulanan seperti internet, listrik, atau air, sampai ke kebutuhan lain seperti untuk memudahkan cicilan. 

Kartu kredit bank umumnya jadi instrumen kredit yang paling dilirik daripada layanan kredit lain seperti cicilan tanpa kartu kredit. Padahal, dibanding kartu kredit bank, justru layanan cicilan tanpa kartu kredit bisa jadi opsi yang tepat bagi fresh graduate karena beragam kemudahan dan keuntungan yang ditawarkannya. 

Apa saja kemudahan dan keuntungan tersebut? Buat kamu yang lagi bingung cari fasilitas kredit yang tepat, yuk simak ulasannya berikut ini!

 

Persyaratan sederhana dan daftarnya mudah

Sampai sekarang, daftar kartu kredit prosesnya masih cukup panjang. Mulai dari pengajuan aplikasi, konfirmasi oleh tim bank, sampai ke tahap survei. Sementara cicilan tanpa kartu kredit, syaratnya lebih sederhana dengan proses daftar secara online. Ini bisa memudahkan kamu untuk mendaftar kapan pun dan dari mana pun tanpa perlu menghambat aktivitas kerja. 

Kredivo contohnya, salah satu aplikasi cicilan tanpa kartu kredit unggulan. Untuk daftar Kredivo, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store. Setelah itu, kamu bisa langsung daftar online dengan mengikuti instruksi yang tersedia di aplikasi. Mulai dari mengisi form, foto selfie, upload foto KTP, dan NPWP. Setelah selesai, tinggal tunggu deh proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. 

Ketika proses pendaftaran kamu sudah ada hasilnya, diterima atau ditolak, kamu akan dikirimi email maupun notifikasi otomatis. Jika diterima, maka kamu otomatis juga akan diberi limit dan langsung bisa menggunakan layanan Kredivo sesuai kebutuhan. Menarik, kan?

 

Praktis dan efisien menggunakan aplikasi

Selain syarat yang sederhana dan cara daftar yang mudah, layanan cicilan tanpa kartu kredit juga umumnya menggunakan platform aplikasi. Di mana kamu bisa mengakses aplikasi dan layanan tersebut kapan saja sesuai kebutuhan. 

Mau beli pulsa atau token listrik? Tinggal buka aplikasinya. Mau nyicil barang? Tinggal cek limit cukup atau enggak, langsung bisa transaksi. Dengan menggunakan aplikasi dan didukung aspek keamanan seperti password dan OTP, transaksi dengan cicilan tanpa kartu kredit bisa lebih efisien. 

 

Bisa dipakai untuk cicil perlengkapan atau kebutuhan kerja yang mendesak

Di saat baru dapat kerja pertama, biasanya kebutuhan cenderung lebih banyak. Salah satu contohnya adalah pakaian untuk ke kantor. Kalau kantormu menerapkan pakaian yang formal, tentu butuh bujet lebih besar dibanding pakaian casual yang bisa menggunakan kaos atau jeans sehari-hari. 

Nah, di sinilah, cicilan tanpa kartu kredit bisa membantu. Kalau kamu pakai Kredivo, misalnya, kamu bisa mencicil pakaian untuk ke kantor di merchant-merchant yang menjual produk fashion yang sudah bermitra dengan Kredivo. Contohnya ada Berrybenka, Shopee, Tokopedia, Cardinal, dan masih banyak lagi. 

Kamu juga bisa memilih cicilan 0% tanpa DP dengan Kredivo khusus untuk minimum pembelanjaan Rp 500 ribu dan tenor 1 atau 3 bulan. Dengan begitu, cicilanmu akan makin ringan dan bisa mulai dibayar saat gajian. 

 

Hemat karena tidak ada biaya tambahan lain

Khawatir dengan biaya kartu, biaya tahunan, atau biaya admin bulanan? Dengan cicilan tanpa kartu kredit, kamu nggak akan menemui atau harus membayar semua tagihan tersebut. Kamu hanya perlu membayar tagihan jika kamu melakukan transaksi. Lebih hemat dan praktis, terutama bagi kamu yang sedang dalam tahap belajar mengelola keuangan!

 

Bisa digunakan sebagai instrumen membangun skor kredit

Di jaman sekarang, kartu kredit bukan lagi jadi satu-satunya instrumen untuk kamu bisa punya skor kredit, lho. Layanan cicilan tanpa kartu kredit yang terpercaya seperti Kredivo juga bisa. Jadi, kalau kamu mau pelan-pelan bangun skor kreditmu tapi nggak mau terbebani dengan biaya ini itu, daftar Kredivo bisa jadi pilihan yang tepat. 

Selain bisa untuk cicilan tenor 3, 6, atau 12 bulan, Kredivo juga menyediakan opsi transaksi bayar dalam 30 hari tanpa bunga khusus untuk pembelanjaan di bawah Rp 500 ribu. Lewat aplikasi Kredivo, kamu bisa beli pulsa, paket data, atau token listrik secara langsung dengan memotong limit yang kamu punya. Dalam 30 hari, kamu bisa membayar tagihan tersebut secara tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo sebagai upaya memiliki skor kredit yang positif.