Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfi

Surah Al Kahfi memiliki empat Kisah Quran yang mengesankan dan menarik, untuk tujuan keyakinan dan kebesaran Allah. Adapun cerita pertama adalah tentang As-haab-ul-Kahfi atau Pendamping Gua. Mereka Ini menceritakan kisah orang-orang percaya di masa awal ketika menerima pesan Kebenaran menerimanya. Mereka harus menghadapi pembalasan dari masyarakat umum dan selanjutnya melarikan diri dari kota dan menemukan perlindungan di sebuah gua di mana Allah SWT memberi mereka tidur selama 309 Tahun sampai kemudian seluruh kota telah masuk ke dalam orang-orang percaya. Kemudian Allah membangunkan mereka kembali setelah periode yang panjang ini. Selain itu dalam surat Al Kahfi juga terdapat beberapa kisah lainnya yang juga disebutkan dalam surat Al Kahfi yaitu: Kisah kedua tentang Pemilik dua Taman yang indah, Kisah ketiga adalah kisah Nabi Musa (AS) dengan pengikutnya, dan Kisah keempat adalah tentang “Dhul Qurnain”. Kisah-kisah ini membawa pelajaran paling penting yaitu cobaan iman, cobaan kekayaan, cobaan ilmu dan jejak otoritas dalam Surah Al Kahfi.

Adapun Beberapa Keutamaan atau Manfaat Membaca atau Membaca Surat Al Kahfi

  1. Terhindar dari fitnah Dajjal dihari kiamat

Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW, “Orang yang menghafal sepuluh ayat pertama atau ayat-ayat Surah Al Kahfi akan aman dari Dajjal.” (Sahih Muslim).

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Ibn Mardwiyah Al Daiyaa (R.A) Bersabda: “Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka dia kebal dari segala fitnah yang akan terjadi. Ketika Dajjal keluar, dia akan kebal terhadapnya.” (Al Mukhtaar).

  1. Mendapat cahaya keberkahan dihidupnya

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

Yauma taral-mu’miniina wal-mu’minaati yas’aa nuruhum baina aidiihim wa bi’aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-‘aziim

“(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.”

  1. Sebagai pengampunan dosa khususnya pada hari Jumat jika dibaca setiap hari tersebut

Membaca Surah Al Kahfi pada setiap hari Jumat menjadi sumber pengampunan dosa yang dilakukan di antara dua hari Jumat. Surah al Khaf adalah salah satu Surah Al-Qur’an yang terkenal. Itu datang dengan banyak kebajikan. Surah ini memberikan pesan bahwa Allah melindungi mereka yang berpegang teguh pada kebenaran dan tetap berada di jalan yang benar.

  1. Mendapatkan ridho dari Allah SWT

Allah akan melimpahkan kemudahan dengan ridho yang diberikan. Hal ini juga dijelaskan didalam surat Al Kahfi sebagaimana dijelaskan oleh HR Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”

Itulah manfaat dan keutamaan dari membaca surat Al Kahfi. Masih banyak lagi keutamaan lainnya yang tidak kalah baiknya dari surat Al Kahfi yang perlu kita kaji. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua dan kita terhindar dari fitnah dajjal. Amin.