Beberapa Metode untuk Menghilangkan Jerawat Bruntusan Dengan Lebih Alami

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami dalam Waktu Singkat

source gambar : freepik.com/nastyaofly

Bruntusan merupakan masalah kulit umum yang ditemui, ditandai dengan jerawat-jerawat kemerahan dan berukuran kecil. Bruntusan ini bisa menimbulkan sensasi perih atau pun gatal ketika berkeringat.

Maka dari itu, kulit bruntusan berpotensi iritasi dan bruntusan terjadi karena penyumbatan kelenjar wajah. Di samping itu, jerawat ini juga dapat terjadi akibat iritasi kulit, kedinginan dan faktor lain.

Selain bisa menyebabkan gatal, iritasi dan kemerahan, bekas bruntusan terkadang tidak gampang hilang juga. Beberapa cara bisa diterapkan untuk menghilangkan bruntusan tersebut, selain memakai bahan kimia, bisa juga dengan metode atau cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami seperti berikut ini.

 

Memakai minyak zaitun

Dari dulu, minyak zaitun sering dipakai sebagai perawatan alami termasuk untuk menghilangkan bruntusan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun langsung dengan cara mengoleskan minyak ke area tertentu yang ada bruntusan.

Kamu bisa juga mencampurkan minyak tersebut dengan berbagai produk perawatan lainnya. Lalu diamkan sejenak dan dibilas sampai bersih. Gunakan minyak zaitun secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Cuka Apel

Ada lagi selain minyak zaitun yaitu cuka apel yang bisa bekerja dengan mengendalikan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat sehingga bisa mengurangi bruntusan di wajah kamu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan seperti asam asetat, kandungan cuka apel ini yang baik meredakan peradangan kulit.

Memakai cuka apel agar menghilangkan bruntusan bisa dilakukan hanya jika jenis bruntusan tersebut yang tergolong ringan.

 

Membatasi asupan susu dan produk olahannya

Ada salah satu faktor penyebab munculnya jerawat bruntusan yaitu karena konsumsi susu meski ada juga masih banyak faktor lainnya. Baik itu susu dan juga produk olahan susu terkandung hormon IGF-1.

Hormon tersebut yang bisa mengundang masalah jerawat kulit. Kalau kamu memang mengalami masalah jerawat bruntusan atau jenis jerawat lain, maka sebaiknya batasi saja asupan susu selama perawatan agar dapat menghilangkan bruntusan dengan optimal.

 

Hindari stres

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan kalau terdapat hubungan antara stres dengan jerawat atau pun bruntusan ini. Jika bruntusan wajah disebabkan stres, cara menghilangkan yang ampuh adalah mengelola stres itu sendiri sebaik mungkin.

 

Cuci muka memakai sabun dengan pH seimbang

Lebih baik jangan lupa tetap menjaga wajah selalu bersih dengan cara mencuci muka anda secara rutin. Pilihlah sabun khusus cuci muka yang mempunyai pH seimbang serta kandungan ringan.

Hindari mencuci muka anda terlalu sering juga, hal ini justru bisa menyebabkan iritasi kulit. Cukup dengan mencuci muka dua kali tiap hari dan sebelum kamu mencuci muka, lebih baik pastikan sudah membersihkan bekas make up memakai micellar water yang cocok.

 

Menggunakan es batu

Metode lain yaitu dengan memanfaatkan es batu, pemakaian es batu bisa membantu mengatasi masalah jerawat, terutama jerawat yang memerah dan membengkak. Hal ini tak lepas dikarenakan efek dingin es batu yang bisa meredakan peradangan jerawat sementara meski efeknya bisa saja cepat hilang.

Caranya dengan membungkus es batu tersebut dengan kain yang tipis. Lalu tempelkan di area bruntusan hingga satu menit. Coba lakukan metode ini 1 atau 2 kali setiap harinya sesuai kamu membersihkan wajah.

Sensasi dingin es batu mampu juga mengurangi gatal yang bisa muncul karena bruntusan itu sendiri. Tentunya masih ada metode atau cara alami lainnya, sekian saja ulasan di atas dan semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Leave a Comment